ATJEH.ID

Kategori Haid Bagi Perempuan

ISLAMIC

Ilustrasi siklus haid (menstruasi).

Deskripsi masalah:

Haid adalah darah yang keluar dari rahim perempuan melalui vagina, minimal umur seorang wanita yang sudah mengeluarkan darah haid adalah sembilan tahun (tahun Qamariah). Haid yang keluar kadang-kadang sehari tiga jam misalnya, lalu keluar lagi dihari berikutnya.

Pertanyaan :  

Bagaimana cara mengetahui batas minimal dan maksimal keluar darah yang dikategorikan dalam darah haid?

Jawaban:

1. Batas Minimal Haid

Minimal waktu haid adalah sehari semalam (24 jam) dengan ketentuan darah tersebut keluar secara ittisal (terus menerus), maksud ittisal disini jika seandainya dimasukkan kapas kedalam vagina, maka kapas itu akan kotor dengan darah, bukan maksud ittisal di sini adalah darah tersebut mesti keluar banyak sehingga perlu dicuci.

Baca Juga :

2. Batas Maksimal Haid

Maksimal waktu haid adalah 15 hari dan 15 malam (360 jam), tidak ada ketentuan harus ittisal pada poin ini, boleh ittisal boleh tidak, akan tetapi jika darah tersebut keluar tidak ittisal maka masa yang keluar haid dalam jangka 360 jam harus ada minimal 24 jam saat dijumlahkan.

Misalnya, keluar darah tanggal satu adalah 5 jam lalu bersih, tanggal enam adalah 5 jam lalu bersih, tanggal 11 adalah 5 jam lalu bersih, tanggal 14 adalah 9 jam lalu bersih, maka ini adalah darah haid karena saat dijumlahkan hasilnya 24 jam darah keluar dalam kurun waktu 15 hari.

Jika darah yang keluar tidak ittisal (dalam jangka 360 jam) tidak mencapai batas minimal (24 jam), maka ini bukan darah haid tetapi darah fasid.
Misalnya, keluar darah tanggal satu adalah 5 jam lalu bersih, tanggal enam adalah 5 jam lalu bersih, tanggal 11 adalah 5 jam lalu bersih, tanggal 15 adalah 5 jam lalu bersih, maka ini bukan darah haid karena saat dijumlahkan hasilnya 20 jam darah keluar dalam kurun waktu 15 hari.

 

Referesi :
¹Kanzu al-Raghibin syarah Minhaj Hal 99 Juz 1 Cet Dar Ihya.
²Ianatutthalibin Hasyiah Fathul Muin Hal 72 Juz 1 Cet Haramain.*]

*Artikel ini dikutip dari Lajnah Bahtsul Masail MUDI Mesra

Get real time updates directly on you device, subscribe now.